Daftar Isi:
  • Perkembangan membaca anak usia 5-6 tahun rata-rata belum berkembang ditandai dengan anak masih perlu bimbingan guru dalam melafalkan huruf, belum bisa membedakan huruf vocal dan konsonan. Untuk itu perlu adanya pengembangan media yang dapat menarik perhatian dan membantu anak dalam belajar membaca. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui tingkat kelayakan penggunaan media pembelajaran busy book berbasis metode suku kata untuk meningkatkan kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun. 2) Mengetahui efektivitas pengembangan media pembelajaran busy book berbasis metode suku kata untuk meningkatkan kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan model 4-D (four D model) terdiri atas 4 tahap utama, yaitu: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok B RA Al-Hidayah Desa Air Pinang pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 11 orang terdiri dari 4 anak perempuan dan 7 anak laki-laki. Objek penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran busy book berbasis metode suku kata untuk meningkatkan kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun di RA Al-Hidayah Desa Air Pinang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah 1) lembar angket validasi tim ahli, 2) lembar angket respon anak didik dan guru, 3) lembar observasi tes kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media busy book berbasis metode suku kata sangat layak digunakan dan efektivitas pembelajaran membaca meningkat setelah menggunakan media busy book berbasis metode suku kata yang berimplikasi pada nilai rata-rata tes awal anak yaitu 34,54 dan pada tes akhir meningkat menjadi 68,18 dengan peningkatan nilai sebesar 33.64.