Daftar Isi:
  • HOTS merupakan keterampilan berpikir yang sangat penting diterapkan selama proses pembelajaran berlangsung. Soal-soal berbasis HOTS sangat diperlukan untuk melatih dan mengasah kemampuan berpikir peserta didik. Namun, soal-soal tes yang digunakan guru di sekolah masih sebatas mengukur tingkat pengetahuan dan ingatan saja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen tes objektif Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada tema Lingkungan Sahabat Kita di SD sesuai dengan standar kualifikasi tes yang baik berdasarkan validitas, reliabilitas, indeks kesukaran, daya pembeda dan efektivitas pengecoh. Produk yang dihasilkan berupa instrumen tes objektif HOTS meliputi dimensi kognitif dalam taksonomi Anderson dan Krathwohl. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis secara kualitatif diperoleh kualitas item tes sangat baik dengan persentase 98,53%. Analisis tes secara kuantitatif dari 50 butir soal pada kelompok kecil diperoleh 41 butir (82%) valid dan 9 butir (18%) tidak valid. Hasil analisis pada kelompok besar diperoleh 38 butir soal (92,6%) valid dan 3 butir soal (7,4%) tidak valid. Reliabilitas soal sebesar 0,918. Daya pembeda soal rata-rata dalam kategori baik dengan persentase 74% pada kelompok kecil dan 88,1% pada kelompok besar. Tingkat kesukaran soal pada kelompok kecil 0% kategori mudah, 84% kategori sedang dan 16% kategori sukar. Sedangkan tingkat kesukaran pada kelompok besar 4,9% kategori mudah, 95,1% kategori sedang dan 0% kategori sukar. Efektifitas pengecoh soal rata-rata dalam kategori baik dengan persentase 65% pengecoh efektif pada kelompok kecil dan 70% pengecoh efektif pada kelompok besar. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan tes objektif HOTS pada Lingkungan Sahabat Kita memiliki standar kualifikasi tes yang baik dan dapat digunakan sebagai instrumen hasil belajar pada tema tersebut.