Pengembangan Media Pembelajaran Lectora Inspire Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA
Daftar Isi:
- Kemajuan teknologi dan informasi saat ini menuntut adanya kesesuaian dalam pemilihan model dan media pembelajaran, model pembelajaran dan media yang tepat akan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media yang telah dikembangkan yaitu Lectora Inspire sesuai dengan Badan Standar Nasional Pendidikan, pengaruh penggunaanya dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan langkah- langkah adaptasi pada pendekatan ADDIE. Penelitian tahap implementasi menggunakan media lectora inspire tersebut dilakukan dengan Pre-Experiment Designs bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Pemilihan sampel yang dilakukan dengan teknik purposive sampling, sampel yang diteliti adalah siswa SMA Negeri 1 Siantar sebanyak 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa, angket BSNP modifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui pengembangan media pembelajaran lectora inspire pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit: (1) rata-rata kelayakan penggunaan media lectora inspire tersebut pada semua kriteria BSNP adalah kategori sangat layak yaitu (aspek kelayakan isi = 3,87; dan aspek kelayakan penyajian =3,68); penggunaannya berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa tersebut (dengan skor N-gain sebesar 0,692).