PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN OPEN ENDED PROBLEM BERBANTUAN VISUAL BASIC DENGAN EXCEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN RESILIENCE SISWA DI SMP SWASTA AL MANAR
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Menemukan media pembelajaran matematika yang valid, praktis dan efektif yang dikembangkan dengan pendekatan open ended problem berbantuan visual basic dengan excel; 2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan media pembelajaran matematika yang dikembangkan dengan pendekatan open ended problem berbantuan visual basic dengan excel; 3) Mendeskripsikan peningkatan resilience matematis siswa dengan menggunakan media pembelajaran matematika yang dikembangkan dengan pendekatan open ended problem berbantuan visual basic dengan excel. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yaitu tahap pengembangan media pembelajaran matematika dengan pendekatan open ended problem berbantuan visual basic dengan excel dengan menggunakan model pengembangan Tessmer dan tahap menguji cobakan media pembelajaran matematika yang dikembangkan di kelas VII-1 dan VII-2 SMP Swasta Al Manar. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh : 1) Validitas media pembelajaran matematika yang dikembangkan valid ditinjau dari penilaian ahli media dan ahli materi. Kepraktisan media pembelajaran telah memenuhi kriteria praktis dalam hal respon guru dan siswa terhadap media pembelajaran matematika positif dan keterlaksanaan media pembelajaran sudah tercapai. Keefektifan media pembelajaran telah memenuhi kriteria efektif ditinjau dari ketuntasan belajar siswa secara klasikal, ketercapaian tujuan pembelajaran dan penggunaan waktu yang ideal; 2) Terjadi peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada uji coba I yaitu 75,80 meningkat menjadi 82,60 pada uji coba II; dan 3) Terjadi peningkatan rata-rata total perindikator resilience matematis siswa pada uji coba I, pada uji coba 2 dan dari uji coba 1 ke uji coba 2.