Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Keterampilan critical thinking, creative thinking, collaboration, & communication (4C) Fisika Siswa di SMA N 9 Medan
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model project based learning terhadap keterampilan critical thinking, creative thinking, collaboration, & communication (4C). Sampel penelitian ini dilakukan secara random sampling sebanyak dua kelas, dimana kelas pertama sebagai kelas eksperimen diterapkan model project based learning dan kelas kedua sebagai kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes keterampilan berpikir kritis dalam bentuk uraian sebanyak 7 soal, tes keterampilan sebanyak 10 soal, sedangkan tes keterampilan kolaborasi dan keterampilan komunikasi menggunakan lembar observasi. Penelitian ini menggunakan uji Manova untuk mencari pengaruh. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model project based learning terhadap keterampilan critical thinking, creative thinking, collaboration, & communication (4C) yang diajarkan dengan model project based learning lebih baik dari pembelajaran konvensional. Keterampilan siswa yang diajarkan dengan model project based learning lebih baik daripada keterampilan siswa pembelajaran konvensional.