Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Kemampuan komunikasi matematis siswa dalam penerapan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR), (2) Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam penerapan PMR, (3) Kesulitan siswa dalam komunikasi matematis untuk menyelesaikan masalah matematika dengan pendekatan PMR, (4) Kesulitan siswa dalam pemecahan masalah matematika untuk menyelesaikan masalah matematika dengan pendekatan PMR. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) Tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku, siswa yang memiliki kemampuan kategori sedang memiliki proporsi yang terbanyak, sedangkan untuk kemampuan kategori rendah dan tinggi memiliki proporsi yang sama banyak, (2) Tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku, siswa yang memiliki kemampuan dengan kategori rendah memiliki proporsi terbanyak diikuti proprosi dengan kategori sedang, serta kemampuan kategori tinggi memiliki proporsi terendah, (3) Kesulitan komunikasi matematis siswa pada materi perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku dalam penerapan Pembelajaran Matematika Realistik adalah kesulitan fakta, konsep, operasi, dan prinsip, (4) Kesulitan pemecahan masalah matematika siswa pada materi perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku dalam penerapan Pembelajaran Matematika Realistik adalah kesulitan fakta, konsep, operasi, dan prinsip.