Pengembangan Buku Ajar IPA Berbasis Keterampilan Proses Sains dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDS PAB 25 Medan
Daftar Isi:
- Keterbatasan buku ajar siswa merupakan hambatan pembelajaran berbasis KPS. Buku pendamping guru dan buku paket siswa yang digunakan sebagai panduan dalam pembelajara belum sepenuhnya lengkap, Keterbatasan inilah yang menyebabkan KPS belum secara efektif merata khususnya untuk pembelajaran dengan pola belajar mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan buku ajar IPA berbasis keterampilan proses sains yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan model 4D (four D) Thiagarajan. Pengambilan data menggunakan instrumen penilaian untuk ahli materi, ahli desain, ahli media pembelajaran dan tes hasil belajar. Hasil penelian pengembangan ini berupa produk buku ajar yang memenuhi syarat kelayakan dengan hasil validasi materi dinyatakan layak, ahli desain dinyatakan layak dan ahli media pembelajaran dinyatakan layak digunakan di lapangan. Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan oleh ahli materi diperoleh hasil rata-rata persentesate 91,87% dikategorikan “sangat baik”. Hasil validasi yang dilakukan oleh ahli media pembelajaran rata-rata 92,88% dikategorikan “sangat baik”. Hasil validasi yang dilakukan oleh ahli desain pembelajaran diperoleh rata-rata 94,79% dikategorikan “sangat baik”. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar IPA berbasis keterampilan proses sains lebih efektif untuk meningkatkan berfikir kritis siswa daripada buku ajar konvensional pada pokok bahasan Energi dan Perubahannya