Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan yang akan digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar kubus dan balok kelas VIII SMP Negeri 7 Medan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek uji coba dalam penelitian pengembangan ini adalah kelas VIII-7 SMP Negeri 7 Medan T.A. 2021/2022. Uji coba media dilakukan pada dua skala yaitu uji coba skala kecil dengan 14 orang siswa dan skala besar dengan 30 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) lembar angket validasi isi media pembelajaran dan lembar validasi konstruk media pembelajaran; (2) lembar angket kepraktisan media pembelajaran oleh guru dan siswa; (3) soal pretest dan posttest; dan (4) lembar angket respon keefektifan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan valid dan layak digunakan. Hal ini terlihat dari hasil penilaian yang diberikan oleh ahli materi dengan skor persentase 82,22% dan ahli media dengan skor persentase 83,33% yaitu dengan kategori “sangat layak”. Media pembelajaran yang dikembangkan juga Praktis dengan skor kepraktisan oleh guru sebesar 84% dan skor kepraktisan oleh siswa sebesar 85,25% dengan kategori “sangat praktis”. Dan keefektifan media pembelajaran dilihat dari ketuntasan belajar klasikal siswa yang mencapai 80%, rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mengalami peningkatan sebesar 33,4 dan melalui uji N-Gain menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa mengalami peningkatan sebesar 0,694 dengan kategori peningkatan sedang. Serta angket respon siswa memperoleh persentase sebesar 84% yang menunjukkan bahwa siswa memiliki respon positif terhadap media pembelajaran berbasis multimedia interaktif. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan layak, praktis, dan efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.