Daftar Isi:
  • Permasalahan konsep dan algoritma matematis yang semakin dituntut dari peserta didik untuk lebih memahami pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Kemampuan pemahaman konsep dan algoritma matematis siswa serta menganalisis kesulitan yang dialami siswa dalam pemahaman konsep dan algoritma pada pembelajaran matematika setelah dilakukan proses pembelajaran dengan penerapan model realistic mathematic education (RME) berbantuan software algebrator. Subyek penelitian adalah siswa kelas X Mia 2 SMA Swasta ASSISI Siantar yang berjumlah 31 siswa. Instrumen penelitian adalah tes kemampuan pemahaman konsep, algoritma matematis dan pedoman wawancara. Analisis data dilakukan dengan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi sistem persamaan linear Tiga variabel pada siswa sma assisi siantar kelas x mia 2 tergolong dalam kategori Sedang, hal ini telihat dari hasil perolehan rerata nilai dari setiap indicator yakni 59,43. (2) Kemampuan Algoritma matematis siswa sma assisi siantar kelas x mia 2 pada materi sistem persamaan linear Tiga variabel tergolong pada tingkat kemampuan Sedang hal ini terlihat dari hasil perolehan nilai pada setiap inikator masih berada pada kategori rerata 55,2. (3) Dalam menyelesaikan tes kemampuan Pemahaman konsep pada pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Realistic Mathematic Education Berbantuan Software Algebrator siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep, menerapkan prinsip, dan juga kesulitan dalam penerapan operasi. (4) Dalam menyelesaikan tes kemampuan Algoritma matematis pada pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Realistic Mathematic Education Berbantuan Software Algebrator siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep, menerapkan prinsip, dan juga kesulitan dalam penerapan operasi.