Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash yang valid, praktis dan efektif untuk kelas VIII Mts Mardiyah Islamiyah Panyabungan; (2) menganalisis peningkatan kemampuan spasial siswa di MTs Mardiyah Islamiyah Panyabungan setelah diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash dengan model pembelajaran STAD; (3) mengenalisis peningkatan kemampuan resiliensi siswa MTs Mardiyah Islamiyah Panyabungan setelah menggunakan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash dengan model pembelajaran STAD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, dengan model pengembangan 4D (four-D) yang terdiri dari 4 tahap, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Subjek penelitian adalah media pembelajaran dengan pokok bahasan bangun ruang sisi datar. Ujicoba dilakukan pada siswa kelas VIII MTs Mardiyah Islamiyah Panyabungan TP 2021-2022. Hasil pengembangan ini diperoleh: (1) Media pembelajaran berbasis Macromedia Flash dengan model pembelajaran STAD yang telah dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid dengan rata-rata total 4,4, memenuhi kriteria praktis dilihat dari rata-rata total respon positif siswa sebesar 92,66% pada ujicoba 1 dan sebesar 98,53% pada ujicoba 2, sehingga ratarata keterlaksanaan di atas 80%, dan memenuhi kriteria efektif salah satunya adalah ketuntasan klasikal mencapai yakni 85,3%; (2) peningkatan kemampuan spasial siswa pada ujicoba 1 sebesar 22,92 meningkat menjadi 24,52 pada ujicoba 2;(3) terjadi peningkatan pada resiliensi siswa berdasarkan rata-rata pada uji coba 1 sebesar 87,5 menjadi 91, 3 pada ujicoba 2.