Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berdasarkan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Self Efficacy Siswa
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisa validitas, kepraktisan dan efektivitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui model problem based learning di kelas VIII SMP Negeri 1 Sitahuis; 2) Menganalisa peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa setelah menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan; 3) Menganalisisa peningkatan self efficacy siswa setelah menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini dikategorikan ke dalam jenis Penelitian Pengembangan (Development Research) dengan menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran Thiagarajan, Semmel dan Semmel yaitu model 4-D (Four D Model). Penelitian dilaksanakan di kelas VIII-1 dan VIII-2 pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 di SMP Negeri 1 Sitahuis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perangkat pembelajaran dengan model problem based learning dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif; 2) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis menggunakan perangkat pembelajaran dengan model problem based learning yang telah dikembangkan dilihat dari nilai rata-rata N-gain pada uji coba I dan uji coba II masing-masing sebesar 0,40 dan 0,58 yang berada pada kategori sedang. 3) Rata-rata Selfefficacy matematis siswa per indikator telah mengalami peningkatan dari uji coba I ke uji coba II setelah pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaranmberdasarkan pembelajaran model problem based learning yang telah dikembangkan