Pengembangan Video Ajar Mata Pelajaran Produk Kreat i f Dan Kewi rausahaan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMK BM Panca Budi Medan
Daftar Isi:
- Kondisi pandemi COVID-19 yang dihadapi saat ini, mau tidak mau telah menghantarkan pola pembelajaran yang menggunakan media informasi teknologi. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan jenis 4D karena dalam penelitian ini dikembangkan media ajar berupa video berbasis camtasia studio pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan untuk siswa kelas XI di SMK-BM Panca Budi, Medan Tahun Ajaran 2021/2022. hasil penelitian kelayakan terhadap media pembelajaran video ajar yang dikembangkan tersebut diperoleh persentase nilai rata-rata skor keseluruhan 86,4% termasuk ke dalam kategori “sangat layak” yang artinya media pembelajaran video ajar yang telah dikembangkan terbukti layak untuk digunakan dalam proses belajar mengajar. dari hasil output independent sampel test diatas diambil dari data homogen dengan melihat equal varians assumed bahwa nilai signifikansi (2-tailed) yang diperoleh 0,00 < 0,05 dengan uji statistik menggunakan uji t dengan hasil pengujian menunjukkan thitung 30,349 > ttable 1,680 dengan α 0,05 dan df = 44 atau dengan kata lain H0 ditolak dan Ha diterima.