Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan bahan ajar yang dikembangkan menggunakan moodle berbasis e-learning dan keefektivan bahan ajar yang dikembangkan terhadap peningkatan hasil belajar di SMK Swasta Jambi Medan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Data dalam penelitian ini berupa data kelayakan bahan ajar yang sudah divalidasi oleh ahli materi, ahli media, respon guru dan respon siswa. Data yang sudah dikumpulkan selanjutnya dianalisis secara deskriptif untuk mengetahui kelayakan bahan ajar yang dikembangan, untuk mengetahui keefektifan bahan ajar yang dikembangkan dilakukan uji t. hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis e-learning menggunakan moodle layak digunakan dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran otomatisasi tata kelola keuangan siswa kelas XI OTKP Swasta Jambi Medan. Dari hasil angket yang disebarkan diperoleh penilaian uji kelayakan dari ahli materi adalah sebesar 96,8% dengan kriteria sangat layak, karena bahan ajar ini sesuai dengan materi yang diajarkan. Selanjutnya penilaian dari ahli media pembelajaran sebesar 82,95% dengan kategori sangat layak. Selanjutnya bahan ajar berbasis e-learning menggunakan moodle efektif dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran otomatisasi tata kelola keuangan siswa kelas XI OTKP SMK Swasta Jambi Medan. Hal tersebut berdasarkan uji t, besaran nilai thitung sebesar 2,041 sedangkan nilai ttabel sebesar 2,001 hal tersebut berarti bahwa nilai thitung > ttabel (2,041 > 2,001) sehingga bahan ajar dinyatakan efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahann ajar berbasis e-learning menggunakan moodle berkonstribusi terhadap hasil belajar siswa