Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMPN 7 Padangsidimpuan T.A 2020/2021; 2) Menemukan keefektifan media komik matematika berbasis pendekatan realistik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMPN 7 Padangsidimpuan T.A 2020/2021 3) Mendeskripsikan karakteristik media komik matematika berbasis pendekatan realistik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMPN 7 Padangsidimpuan T.A 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan 4-D yang dikemukakan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel (1974). Model ini meliputi empat tahapan terdiri dari tahapan pendefeisian (define), tahap rancangan (design), tahap pengembangan (develope) dan tahap penyebaran (dessiminate). Hasil dari penelitian pengembangan ini diperoleh : 1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa uji coba I terdapat 8 (30,8%) siswa yang tingkat kemampuan pemecahan masalah matematisnya dalam kategori rendah, sebanyak 16 (61,5%) siswa tergolong sedang, dan 2 (7,7%) siswa tergolong tinggi. Hasil uji coba II terdapat 5 (17,85%) siswa yang kemampuan pemecahan masalah matematisnya dalam kategori rendah, 21 (75%) siswa tergolong dalam kategori sedang, dan 2 (7,15%) siswa yang tergolong dalam kategori tinggi; 2) media komik matematika berbasis pendekatan realistik memenuhi kriteria valid dan efektif ditinjau dari kriteria masing-masing; 3) Peneliti mendeskripsikan semua hal yang terjadi pada proses pembelajaran yang terkait dengan media komik matematika melalui karakteristik pendekatan realistik dalam bentuk uraian. Didapatkan hasil bahwa melalui tahapan pada kelima karakteristik yang telah dialami, siswa terlihat sangat antusias dan lebih mudah memahami materi aritmatika sosial dan memudahkan siswa untuk memecahkan permasalahan yang diberikan.