Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari pendekatan saintifik berbantuan focusky terhadap motivasi belajar dan kemampuan penalaran matematis siswa SMP pada materi segiempat. Penelitian ini termasuk dalam kategori quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lubuk Pakam T.A 2021/2022. Dalam penelitian ini terpilih dua kelas yang akan dijadikan sampel yaitu kelas VII-A terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-U terpilih sebagai kelas kontrol melalui teknik purposive sampling yang masing-masing kelas terdiri dari 30 orang. Pada kelas eksperimen diberikan pengajaran dengan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik berbantuan focusky, sedangkan pada kelas kontrol diberikan pengajaran dengan pembelajaran menggunakan pendekatan ekspositori. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket motivasi belajar dan tes berbentuk soal uraian kemampuan penalaran matematis yang telah dinyatakan valid. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis, uji kesamaan rata-rata, uji perbedaan rata-rata dua kelompok berpasangan dan uji hipotesis. Uji hipotesis menggunakan uji independent samples t test dan uji manova. Berdasarkan hasil uji hipotesis motivasi belajar diperoleh nilai signifikansinya 0,008 (0,008<0,05) dan thitung>ttabel (2,764>2,045) hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan saintifik berbantuan focusky terhadap motivasi belajar siswa SMP pada materi segiempat. Hasil uji hipotesis kemampuan penalaran matematis diperoleh nilai signifikansinya 0,001 (0,001<0,05) dan thitung>ttabel (3,340>2,045) hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan saintifik berbantuan focusky terhadap kemampuan penalaran matematis siswa SMP pada materi segiempat dan hasil uji manova diperoleh nilai signifikansi Pillai’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotelillng’s Trace dan Yoy’s Largets Root sebesar 0,001 (0,001<0,05) yang artinya bahwa terdapat pengaruh pendekatan saintifik berbantuan focusky terhadap motivasi belajar dan kemampuan penalaran matematis siswa siswa SMP pada materi segiempat