Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan LKS kelas VII-2 SMP Negeri 9 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 SMP Negeri 9 Medan sebanyak 32 siswa. Objek penelitian ini adalah proses pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan LKS pada materi aritmetika sosial di kelas VII-2 SMP Negeri 9 Medan. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus. Siklus I terdiri dari dua pertemuan dan Siklus II terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes diagnostik, wawancara, observasi, tes kemampuan pemecahan masalah serta dokumentasi untuk melengkapi hasil catatan lapangan yang diteliti. Dari tes diagnostik, diperoleh skor rata- rata siswa adalah 34, 13 termasuk dalam kategori rendah dan hanya satu orang yang menyelesaikan masalah dengan tuntas. Setelah diberikan tindakan pada siklus I dan diberikan tes kemampuan pemecahan masalah, diperoleh skor rata- rata siswa 59, 78 dalam kategori sedang dengan hanya 13 siswa (40, 63%) yang tuntas memecahkan masalah. Dalam siklus I, persentase ketuntasan pemecahan masalah belum tercapai maka dilakukan siklus II. Setelah diberikan tindakan pada siklus II dan diberikan tes kemampuan pemecahan masalah, diperoleh rata- rata skor 76, 94 dalam kategori sangat tinggi dan 28 siswa atau 87, 5% telah tuntas dalam memecahkan masalah. Dari siklus I ke siklus II, diperoleh peningkatan skor rata- rata serta persentase ketuntasan pemecahan masalah