ctrlnum 49219
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/49219/</relation><title>PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENGATASI MISKONSEPSI PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DI KELAS VIII MTsS MADANI PERDAGANGAN</title><creator>Arfada, Dias Friska</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><subject>LB1025 Teaching (Principles and Practice)</subject><description>Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah agar peserta didik memiliki kemampuan memahami konsep matematika. Kesulitan dalam memahami konsep ini dapat menyebabkan terjadinya miskonsepsi pada peserta didik sehingga dapat mengakibatkan kesalahan yang sama dan terus berulang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas dari LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang di terapkan di MTsS Madani Perdagangan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi) Instrumen penelitian ini menggunakan lembar validasi, angket respon dan observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang dikembangkan sangat valid dengan rata-rata nilai pada aspek komponen LKPD sebesar 100%, aspek materi sebesar 91,6%, aspek sintaks inkuiri terbimbing sebesar 88,8%, aspek didaktif sebesar 100%, aspek syarat konstruksi sebesar 94,4%, dan aspek syarat teknis sebesar 94%. Sehingga rata-rata keseluruhan hasil validasi yaitu sebesar 90,6 % dengan kategori sangat valid dan telah memenuhi kriteria praktikalitas dengan nilai kepraktisan 86,6% dengan rata-rata persentase hasil angket respon peserta didik 84,8%, rata-rata persentase hasil angket respon guru 86% serta Hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan kualifikasi rata-rata keseluruhan kegiatan pembelajaran mencapai. Dari segi miskonsepsi, setelah dianalisis penguasaan konsep peserta didik menunjukkan bahwa tidak terlhat adanya miskonsepsi pada peserta didik. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis Inkuiri terbimbing dapat diterapkan untuk mengatasi miskonsepsi peserta didik</description><date>2022-07-20</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49219/1/1.%20NIM%204182111024%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49219/2/2.%20NIM%204182111024%20APPROVAL%20SHEET.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49219/3/3.%20NIM%204182111024%20ABSTRACK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49219/4/4.%20NIM%204182111024%20ACKNOWLEDGEMENT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49219/5/5.%20NIM%204182111024%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49219/6/6.%20NIM%204182111024%20LIST%20OF%20FIGURE.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49219/7/7.%20NIM%204182111024%20LIST%20OF%20TABLE.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49219/8/8.%20NIM%204182111024%20LIST%20OF%20APPENDIX.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49219/9/9.%20NIM%204182111024%20%20CHAPTER%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49219/10/13.%20NIM%204182111024%20%20CHAPTER%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49219/11/14.%20NIM%204182111024%20%20BIBLIOGRAPHY.pdf</identifier><identifier> Arfada, Dias Friska (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENGATASI MISKONSEPSI PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DI KELAS VIII MTsS MADANI PERDAGANGAN. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>49219</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Arfada, Dias Friska
title PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENGATASI MISKONSEPSI PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DI KELAS VIII MTsS MADANI PERDAGANGAN
publishDate 2022
isbn 204182111024
topic LB Theory and practice of education
LB1025 Teaching (Principles and Practice)
url http://digilib.unimed.ac.id/49219/1/1.%20NIM%204182111024%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49219/2/2.%20NIM%204182111024%20APPROVAL%20SHEET.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49219/3/3.%20NIM%204182111024%20ABSTRACK.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49219/4/4.%20NIM%204182111024%20ACKNOWLEDGEMENT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49219/5/5.%20NIM%204182111024%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49219/6/6.%20NIM%204182111024%20LIST%20OF%20FIGURE.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49219/7/7.%20NIM%204182111024%20LIST%20OF%20TABLE.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49219/8/8.%20NIM%204182111024%20LIST%20OF%20APPENDIX.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49219/9/9.%20NIM%204182111024%20%20CHAPTER%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49219/10/13.%20NIM%204182111024%20%20CHAPTER%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49219/11/14.%20NIM%204182111024%20%20BIBLIOGRAPHY.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/49219/
contents Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah agar peserta didik memiliki kemampuan memahami konsep matematika. Kesulitan dalam memahami konsep ini dapat menyebabkan terjadinya miskonsepsi pada peserta didik sehingga dapat mengakibatkan kesalahan yang sama dan terus berulang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas dari LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang di terapkan di MTsS Madani Perdagangan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi) Instrumen penelitian ini menggunakan lembar validasi, angket respon dan observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang dikembangkan sangat valid dengan rata-rata nilai pada aspek komponen LKPD sebesar 100%, aspek materi sebesar 91,6%, aspek sintaks inkuiri terbimbing sebesar 88,8%, aspek didaktif sebesar 100%, aspek syarat konstruksi sebesar 94,4%, dan aspek syarat teknis sebesar 94%. Sehingga rata-rata keseluruhan hasil validasi yaitu sebesar 90,6 % dengan kategori sangat valid dan telah memenuhi kriteria praktikalitas dengan nilai kepraktisan 86,6% dengan rata-rata persentase hasil angket respon peserta didik 84,8%, rata-rata persentase hasil angket respon guru 86% serta Hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan kualifikasi rata-rata keseluruhan kegiatan pembelajaran mencapai. Dari segi miskonsepsi, setelah dianalisis penguasaan konsep peserta didik menunjukkan bahwa tidak terlhat adanya miskonsepsi pada peserta didik. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis Inkuiri terbimbing dapat diterapkan untuk mengatasi miskonsepsi peserta didik
id IOS3150.49219
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2023-02-26T14:00:57Z
last_indexed 2023-02-26T14:00:57Z
recordtype dc
_version_ 1766033637832130560
score 17.538404