PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENGATASI MISKONSEPSI PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DI KELAS VIII MTsS MADANI PERDAGANGAN
ctrlnum |
49219 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/49219/</relation><title>PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENGATASI MISKONSEPSI PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DI KELAS VIII MTsS MADANI PERDAGANGAN</title><creator>Arfada, Dias Friska</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><subject>LB1025 Teaching (Principles and Practice)</subject><description>Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah agar peserta didik memiliki kemampuan memahami konsep matematika. Kesulitan dalam memahami konsep ini dapat menyebabkan terjadinya miskonsepsi pada peserta didik sehingga dapat mengakibatkan kesalahan yang sama dan terus berulang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas dari LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang di terapkan di MTsS Madani Perdagangan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi) Instrumen penelitian ini menggunakan lembar validasi, angket respon dan observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang dikembangkan sangat valid dengan rata-rata nilai pada aspek komponen LKPD sebesar 100%, aspek materi sebesar 91,6%, aspek sintaks inkuiri terbimbing sebesar 88,8%, aspek didaktif sebesar 100%, aspek syarat konstruksi sebesar 94,4%, dan aspek syarat teknis sebesar 94%. Sehingga rata-rata keseluruhan hasil validasi yaitu sebesar 90,6 % dengan kategori sangat valid dan telah memenuhi kriteria praktikalitas dengan nilai kepraktisan 86,6% dengan rata-rata persentase hasil angket respon peserta didik 84,8%, rata-rata persentase hasil angket respon guru 86% serta Hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan kualifikasi rata-rata keseluruhan kegiatan pembelajaran mencapai. Dari segi miskonsepsi, setelah dianalisis penguasaan konsep peserta didik menunjukkan bahwa tidak terlhat adanya miskonsepsi pada peserta didik. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis Inkuiri terbimbing dapat diterapkan untuk mengatasi miskonsepsi peserta didik</description><date>2022-07-20</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49219/1/1.%20NIM%204182111024%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49219/2/2.%20NIM%204182111024%20APPROVAL%20SHEET.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49219/3/3.%20NIM%204182111024%20ABSTRACK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49219/4/4.%20NIM%204182111024%20ACKNOWLEDGEMENT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49219/5/5.%20NIM%204182111024%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49219/6/6.%20NIM%204182111024%20LIST%20OF%20FIGURE.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49219/7/7.%20NIM%204182111024%20LIST%20OF%20TABLE.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49219/8/8.%20NIM%204182111024%20LIST%20OF%20APPENDIX.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49219/9/9.%20NIM%204182111024%20%20CHAPTER%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49219/10/13.%20NIM%204182111024%20%20CHAPTER%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/49219/11/14.%20NIM%204182111024%20%20BIBLIOGRAPHY.pdf</identifier><identifier> Arfada, Dias Friska (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENGATASI MISKONSEPSI PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DI KELAS VIII MTsS MADANI PERDAGANGAN. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>49219</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Arfada, Dias Friska |
title |
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENGATASI MISKONSEPSI PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DI KELAS VIII MTsS MADANI PERDAGANGAN |
publishDate |
2022 |
isbn |
204182111024 |
topic |
LB Theory and practice of education LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
url |
http://digilib.unimed.ac.id/49219/1/1.%20NIM%204182111024%20COVER.pdf http://digilib.unimed.ac.id/49219/2/2.%20NIM%204182111024%20APPROVAL%20SHEET.pdf http://digilib.unimed.ac.id/49219/3/3.%20NIM%204182111024%20ABSTRACK.pdf http://digilib.unimed.ac.id/49219/4/4.%20NIM%204182111024%20ACKNOWLEDGEMENT.pdf http://digilib.unimed.ac.id/49219/5/5.%20NIM%204182111024%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf http://digilib.unimed.ac.id/49219/6/6.%20NIM%204182111024%20LIST%20OF%20FIGURE.pdf http://digilib.unimed.ac.id/49219/7/7.%20NIM%204182111024%20LIST%20OF%20TABLE.pdf http://digilib.unimed.ac.id/49219/8/8.%20NIM%204182111024%20LIST%20OF%20APPENDIX.pdf http://digilib.unimed.ac.id/49219/9/9.%20NIM%204182111024%20%20CHAPTER%20I.pdf http://digilib.unimed.ac.id/49219/10/13.%20NIM%204182111024%20%20CHAPTER%20V.pdf http://digilib.unimed.ac.id/49219/11/14.%20NIM%204182111024%20%20BIBLIOGRAPHY.pdf http://digilib.unimed.ac.id/49219/ |
contents |
Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah agar peserta didik memiliki kemampuan memahami konsep matematika. Kesulitan dalam memahami konsep ini dapat menyebabkan terjadinya miskonsepsi pada peserta didik sehingga dapat mengakibatkan kesalahan yang sama dan terus berulang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas dari LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang di terapkan di MTsS Madani Perdagangan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi) Instrumen penelitian ini menggunakan lembar validasi, angket respon dan observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang dikembangkan sangat valid dengan rata-rata nilai pada aspek komponen LKPD sebesar 100%, aspek materi sebesar 91,6%, aspek sintaks inkuiri terbimbing sebesar 88,8%, aspek didaktif sebesar 100%, aspek syarat konstruksi sebesar 94,4%, dan aspek syarat teknis sebesar 94%. Sehingga rata-rata keseluruhan hasil validasi yaitu sebesar 90,6 % dengan kategori sangat valid dan telah memenuhi kriteria praktikalitas dengan nilai kepraktisan 86,6% dengan rata-rata persentase hasil angket respon peserta didik 84,8%, rata-rata persentase hasil angket respon guru 86% serta Hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan kualifikasi rata-rata keseluruhan kegiatan pembelajaran mencapai. Dari segi miskonsepsi, setelah dianalisis penguasaan konsep peserta didik menunjukkan bahwa tidak terlhat adanya miskonsepsi pada peserta didik. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis Inkuiri terbimbing dapat diterapkan untuk mengatasi miskonsepsi peserta didik |
id |
IOS3150.49219 |
institution |
Universitas Negeri Medan |
institution_id |
60 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Medan |
library_id |
564 |
collection |
Digital Repository Universitas Negeri Medan |
repository_id |
3150 |
subject_area |
Adat Istiadat Agama Akuntansi |
city |
KOTA MEDAN |
province |
SUMATERA UTARA |
repoId |
IOS3150 |
first_indexed |
2023-02-26T14:00:57Z |
last_indexed |
2023-02-26T14:00:57Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766033637832130560 |
score |
17.538404 |