Pengembangan Buku Ajar Keanekaragaman Gastropoda Berbasis Riset di Kabupaten Simalungun Sumatera Utara
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar keanekaragaman Gastropoda, mengetahui kelayakan buku yang validasi oleh ahli materi, ahli desain pembelajaran, ahli layout, guru, siswa, dan melihat efektivitas buku ajar tersebut dalam pembelajaran biologi yang laksanakan di kelas X SMA Swasta Teladan Tanahjawa. Desain penelitian menggunakan model pengembangan 4D (four-D) yang terdiri dari 4 tahap, yaitu; pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Uji validasi (aspek materi, aspek desain pembelajaran, aspek layout) dan praktisi dengan menggunakan skala Likert. Data diperoleh menggunakan angket dan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil validasi buku ajar keanekaraman Gastropoda layak dengan rata-rata nilai validasi sebesar 81,34%; (2) Hasil validasi aspek materi sebesar 85,92% pada kategori layak; (3) Hasil validasi aspek desain pembelajaran sebesar 83,44% pada kategori layak; (4) Hasil validasi aspek desain layout sebesar 83,44% pada kategori layak; dan (5) Rata-rata persentasi tanggapan guru dan peserta didik sebesar 90,50%, pada kategori sangat baik. Hasil uji efektivitas menggunakan uji t menunjukkan bahwa nilai t hitung > t Tabel (9,568 > 2,004) dan nilai probabilitas (2 tailed) < 0,05 (0,000 < 0,05) maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol, dan hasil uji Efektivitas posttest N-Gain pada kelas eksperimen 0,63 pada kategori sedang. Artinya buku ajar keanekaragaman Gastropoda dapat digunakan pada pembelajaran biologi di kelas X SMA dan dapat diedarkan khususnya di Kabupaten Simalungun.