PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) tingkat kejenuhan belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tebing Tinggi; (2) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk mengatasi kejenuhan belajar matematika siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasi-Experimental dengan desain Pretest-Posttest Control Group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa XI IPA SMA Negeri 1 Tebing Tinggi. Peneliti memilih kelas eksperimen dan kontrol dengan menggunakan cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data kejenuhan belajar matematika siswa berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Nilai rata-rata kejenuhan belajar matematika siswa sebelum diberi perlakuan pada kelas eksperimen dan kontrol berturut-turut adalah 55,40 dan 53,41, dimana tingkat kejenuhan belajar matematika siswa sebelum diberi perlakuan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berada dikategori sedang. (2) Nilai rata-rata kejenuhan belajar matematika siswa setelah diberi perlakuan pada kelas eksperimen dan kontrol berturut-turut adalah 40,95 dan 49,73, dimana t_hitung=-3,704<-t_tabel=-1,667 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk mengatasi kejenuhan belajar matematika siswa