Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bahan ajar interaktif berupa buku digital berbasis pendekatan saintifik yang valid, praktis, dan efektif, sehingga dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi penyajian data. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi angket, lembar validasi RPP, lembar validasi buku digital, lembar validasi instrumen tes, tes kemampuan komunikasi matematis, serta angket respon guru dan siswa terhadap buku digital. Setelah seluruh instrumen, RPP, dan buku digital dinyatakan valid oleh validator, selanjutnya dilakukan uji keterbacaan dan uji coba lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) buku digital berbasis pendekatan saintifik yang dikenbangkan telah memenuhi kriteria kevalidan berdasarkan penilaian validator dengan rata-rata validitas buku digital untuk materi adalah 3,21 dan 3,80 untuk media dengan kategori sangat layak; (2) buku digital berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kepraktisan melalui: a) hasil angket respon siswa terhadap buku digital menunjukkan persentase kepraktisan 82,75% dengan kategori sangat praktis, b) hasil angket respon guru terhadap buku digital menunjukkan persentase kepraktisan 91,67% dengan kategori sangat praktis; (3) Buku digital berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif dengan: a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 90%, b) lebih dari 65% siswa telah mencapai 75% tujuan pembelajaran untuk setiap indikator, c) meningkatnya kemampuan komunikasi matematis siswa setelah menggunakan buku digital yang dilihat melalui nilai rata-rata siswa meningkat dari 47,67 pada pretest menjadi 86,50 pada posttest dan hasil analisis N-Gain yang menunjukkan kemampuan komunikasi matematis siswa mengalami peningkatan sebesar 0,725 artinya dalam kategori tinggi