ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KECERDASAN INTERPERSONAL DAN PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS XI SMK YAYASAN PENDIDIKAN HARAPAN BANGSA DUMAI
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning jika dibanding dengan siswa yang tidak menggunakannya, 2) Mengetahui seberapa besar peningkatan kecerdasan interpersonal siswa menggunakan model Problem Based Learning jika dibanding dengan siswa yang tidak menggunakannya 3) Menunjukkan pengaruh kecerdasan interpersonal terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yakni 22 peserta didik dari kelas XI Akuntansi dan 22 peserta didik dari kelas OTKP. Materi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, tes, serta wawancara. Subjek penelitian yang dominan dengan jenis kecerdasan matematis mempunyai keterampilan dalam memecahkan masalah matematis lebih baik dibandingkan jenis kecerdasan lain, dan dapat mempraktikkan konsep secara algoritma serta mempresentasikan konsep dalam bermacam representasi matematis. Pendidik sangat penting untuk mengetahui dan memahami kecerdasan apa saja yang dimiliki oleh peserta didik. Hal ini bertujuan sebagai bahan untuk pembuatan perencanaan pembelajaran sehingga pembelajaran dapat berjalan lancar, efektif, efisien, dan tidak hanya berorientasi pada hasil saja. Hasil yang diperoleh adalah model pembelajaran berbasis masalah memiliki pengaruh yang baik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan kecerdasan interpersonal siswa