Pengembangan Bahan Ajar Handout Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Mitigasi Bencana Alam Bagi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Medang Deras Kabupaten Batu Bara
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan bahan ajar handout dan menganalisis kelayakan bahan ajar handout berbasis CTL pada mata pelajaran geografi materi Mitigasi Bencana Alam bagi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Medang Deras Kabupaten Batu Bara. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D), yang menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Penelitian ini dilakukan pada semester genap 2019/2020. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Medang Deras dengan jumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pada validasi bahan ajar handout memperoleh nilai dari ahli materi 92%, ahli desain 96%, dan guru geografi 89%, serta siswa kelas XI IPS 1 sebesar 94%. Dengan demikian bahan ajar Handout berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi Mitigasi Bencana Alam dalam pembelajaran geografi dinyatakan sangat layak digunakan sebagai bahan ajar.