Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning berdasarkan beberapa studi literatur dan untuk mengetahui proses jawaban siswa terkait kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning berdasarkan beberapa studi literatur. Penelitian ini adalah riset kepustakaan sehingga data yang diperoleh berasal dari kumpulan literatur seperti jurnal yang relavan dengan topik pembahasan yaitu kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning. Jenis penelitian ini berupa deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis bahwa model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, dikarenakan siswa di tuntut untuk menemukan sesuatu dalam memecahkan suatu permasalahan, jadi dalam proses penemuan tersebut siswa akan mengembangkan ide-ide kreatif yang ada, sehingga pembelajaran akan lebih bermakna. Dalam model pembelajaran discovery learning terdapat enam proses yakni : stimulation, problem statement, data collection, data processing, verification, dan generalization dengan masing-masing tahapan memiliki peran pada peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa. Proses jawaban dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan model pembelajaran discovery learning dari beberapa literatur menunjukkan ketercapaian indikator kemampuan pemecahan masalah matematis yang lebih lengkap daripada pembelajaran konvensional