Studi Tentang Penerapan Komik Strip sebagai Media Pembelajaran Menggambar Ilustrasi Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 34 Medan Tahun Ajaran 2020/2021
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendiskripsikan bagaimana penerapan Komik Strip sebagai Media Pembelajaran Ilustrasi pada hasil belajar menggambar Ilustrasi siswa, berhasil atau tidaknya penerapan Komik Strip sebagai Media Pembelajaran Menggambar Ilustrasi, dan pemahaman siswa terhadap penyampaian pembelajaran menggambar Ilustrasi melalui Komik Strip. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif dengan populasi siswa terdiri dari 10 kelompok kelas sebanyak 320 siswa. Sampel yang diambil dengan teknik simple random sampling, diambil secara acak terhadap 10 kelompok kelas menjadi 1 kelas dengan jumlah siswa 32 orang. Pengumpulan data dikumpulkan melalui hasil belajar menggambar ilustrasi siswa, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil karya siswa Siswa menggambar ilustrasi yang dilihat melalui komik strip, kemudian karya siswa dinilai dengan indikator penilaian ilustrasi Andrew Loomis 5P 5C: proporsi, penempatan, perspektif, bidang, pola, konsep, konstruksi, kontur, karakter, konsistensi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh 2616, rata-rata 81(Baik). Proporsi 80(Baik). Penempatan 80(Baik). Perspektif 80(Baik). Bidang 83(Baik). Pola 82(Baik). Konsep 85(Baik). Konstruksi 82(Baik). Kontur 81 (Baik). Karakter 81(Baik). Konsistensi 81(Baik). Kesimpulannya adalah hasil belajar menggambar ilustrasi siswa melalui media komik strip berhasil dan mendapatkan kategori baik. Siswa memahami pembelajaran menggambar ilustrasi melalui komik strip.