Daftar Isi:
  • Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana model regresi berganda serta seberapa besar kontribusi dari self efficacy (X1) dan motivasi belajar (X2) terhadap hasil belajar matematika siswa (Y) dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan rumus regresi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa dikelas VII-5 di SMP Negeri 35 Medan. Instrumen dalam penelitia ini adalah berupa tes yang terdiri dari 3 soal dan 2 angket yaitu angket self efficacy (X1) dan motivasi belajar (X2) yang masing-masing terdiri dari 20 soal pernyataan. Sebelum instrumen diberikan kepada siswa,terlebih dahulu instrumen divalidasikan kepada 3 orang ahli yaitu 2 dosen (dosen Matematika Universitas Negeri Medan) dan 1 guru (guru matematika SMPN 35 Medan) dan tes serta angket dinyatakan valid. Sebelum pengujian hipotesis,terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Normalitas diuji dengan menggunakan teknik liliefors dan homogenitas diuji dengan menggunakan uji F. Dari uji normalitas dan homogenitas diperoleh populasi berdistribusi normal dan homogen. Dari analisis data menggunakan regresi linier berganda didapatkan model regresi linier berganda dari self efficacy dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa yaitu Y ̂= 0,964+0,510X1+0,545X2. Dan dari analisis data korelasi berganda diperoleh besar kontribusi dari self efficacy (X1) dan motivasi belajar (X2) terhadap hasil belajar matematika siswa (Y) sebesar 97,4% dan dapat disimpulkan bahwa self efficacy (X1) dan motivasi belajar (X2) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika (Y)