Upaya Mengatasi Dampak Pembelajaran Daring Dalam Mata Pelajaran Gambar Bentuk Pada Siswa Kelas X SMA Dharma Pancasila Medan T.A. 2020/2021
Daftar Isi:
- Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang dilakukan secara online untuk menyampaikan materi ajar melalui media internet sebagai penghubungnya. SMA Dharma Pancasila Medan merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas yang melaksanakan kegiatan pembelajaran daring tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pembelajaran daring serta upaya mengatasinya dalam mata pelajaran gambar bentuk. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sampel pada penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik Quota Sampling, dan keseluruhannya berjumlah 17 orang yang terdiri dari, 1 orang kepala sekolah, 1 orang guru bidang studi seni budaya, dan 15 orang siswa kelas X SMA Dharma Pancasila Medan. Data dalam hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik wawancara dan angket. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran daring memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Adanya pembelajaran daring yang prosesnya dapat dilaksanakan dengan fleksibel, praktis, dan efisien, terbukti sangat membantu dalam melangsungkan kegiatan belajar mengajar di rumah selama masa pandemi Covid- 19. Pembelajaran daring akan berjalan dengan baik apabila segala faktor pendukungnya dapat dipenuhi. Namun, dikarenakan adanya kendala yang dapat timbul dari berbagai faktor seperti keterbatasan fasilitas, jaringan tidak stabil, ataupun munculnya rasa jenuh, seseorang dituntut untuk memiliki inisiatif dalam mengatasi masalahnya sendiri, ataupun dapat memanfaatkan bantuan-bantuan yang diberikan oleh pihak sekolah. Ditinjau dari adanya kendala yang terjadi, upaya persiapan sebelum belajar perlu dipertimbangkan agar kegiatan saat pembelajaran daring nantinya dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.