Analisis Gambar Pemandangan Alam Karya Siswa Kelas V SD Swasta Karang Sari Medan Ditinjau Aspek Bentuk Dan Warna Berdasarkan Tipe Gambar Anak Menurut Lowenfeld
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menggambar pemandangan alam pada siswa kelas V SD Swasta Karang Sari Medan ditinjau dari indikator bentuk dan warna melalui menggambar menggunakan krayon berdasarkan tipe gambar anak menurut Lowenfeld. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 48 peserta didik di SD Swasta Karang Sari Medan Provinsi Sumatera Utara. Objek penelitian ini yaitu hasil gambar siswa dalam menggambar pemandangan alam. Metode pengumpulan data yang digunakan pada saat penelitian adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menggambar pemandangan alam dengan krayon berdasarkan tipe gambar anak menurut Lowenfeld pada peserta didik kelas V SD Swasta Karang Sari Medan didapati karakteristik gambar siswa ditinjau dari segi bentuk diperoleh siswa yang menggambarkan pemandangan gunung ada 30 siswa, menggambarkan objek pantai ada 8 siswa, menggambarkan pemandangan lingkungan rumah ada 7 siswa, 1 orang menggambarkan pemandangan gurun serta 2 lainnya menggambarkan lapangan rumput. Berdasarkan bentuk tersebut maka diperoleh sebesar 67% (32 karya) bertipe visual dan 33% (16 karya) bertipe haptik. Dari hasil penelitian diperoleh bentuk gunung yang bervariatif diantaranya menggambarkan bentuk runcing seperti segitiga, dan setengah lingkaran, bentuk jalan yang berbeda-beda. Karakteristik gambar siswa ditinjau dari segi warna diperoleh warna yang lebih dominan digunakan pada pewarnaan gunung adalah warna hijau muda. Pewarnaan pada objek pantai dan langit lebih dominan menggunakan warna biru dan orange. Warna coklat digunakan pada pewarnaan tanah. Berdasarkan warna tersebut maka diperoleh sebesar 58% (28 karya) dengan warna bersifat visual dan 42% (20 karya) bersifat haptik.