HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA SISWA MTs NEGERI 2 MEDAN
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial teman psychological well being pada siswa yang terdaftar di MTs Negeri 2 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional, yaitu penelitian yang dilakukan untuk menguji potensi adanya hubungan antara dua variabel atau lebih, kekuatan hubungan potensial itu, dan signifikansi hubungan potensial itu. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa dan siswi dari MTs Negeri 2 Medan yang berjumlah 120 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah instrumen dukungan sosial teman sebaya dan instrumen psychological well-being. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi yang dimana terdapat dua uji lain di dalamnya, yaitu uji normallitas dengan uji Kolmogrov-Smirnov dan uji linearitas, uji hipotesis, dan koefisien determinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan kesejahteraan psikologis. Dengan nilai rxy = 0,432 dan tingkat signifikansi 0,000 dari data tersebut terlihat bahwa rhitung > rtabel, dimana 0,432 > 0,05 yang artinya hipotesis dapat diterima. Sedangkan kontribusi yang diberikan oleh dukungan sosial teman sebaya dengan psychological well-being sebesar r2 = 0,186 yang artinya dukungan sosial teman sebaya memberikan kontribusi terhadap psychological well-being sebesar 18,66%. Dari hasil tersebut maka dapat diharapkan untuk pihak MTs Negeri 2 Medan memberikan perhatian dan dukungan sosial teman sebaya dengan lebih baik lagi kepada siswa, sehingga siswa dapat optimal dalam memengaruhi kesejahteraan psikologis dengan baik dan diharapkan dapat membantu agar layanan bimbingan dan konseling yang dibutuhkan dapat diterima dengan baik