PENGARUH KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF INSTRUCTION TERHADAP STRES AKADEMIK DALAM PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 MEDAN TAHUN AJARAN 2021/2022
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok teknik self instruction terhadap stres akademik dalam pembelajaran tatap muka terbatas siswa kelas X SMA Negeri 4 Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini yaitu pre eksperimental design dengan pretest-posttets group design. Penelitian dilaksanakan pada bulan April s/d Mei 2022. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 orang siswa kelas X IPA 6 SMA Negeri 4 Medan Tahun Ajaran 2021/2022 yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan angket stres akademik siswa berjumlah 32 item pernyataan yang telah valid dan reliable. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan uji wilcoxon. Data dari penelitian menunjukkan Jhitung > Jtabel, 10 > 4, maka hipotesis diterima yang berarti terdapat pengaruh dengan n = 8, α = 0,05. Data rata-rata pre-test yaitu 112,75, sedangakan data rata-rata post-test yaitu 61,25. Artinya stres akademik menurun setelah mendapatkan layanan konseling kelompok teknik self instruction dengan perubahan interval sebesar 45,90%. Hal ini menunjukkan ada pengaruh layanan konseling kelompok teknik self instruction terhadap stres akademik siswa kelas X IPA 6 SMA Negeri 4 Medan Tahun Ajaran 2021/2022 atau hipotesis diterima.