Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media storyboard berbasis multimedia interaktif terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema 8 ingkungan sahabat kita subtema 1 siswa kelas V SD Negeri 060866 Medan Timur T.A 2021/2022. Penelitian ini meruakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa diperoleh rata-rata hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen adalah 78,5 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol adalah 64,4. Pada uji normalitas diketahui bahwa data pretest dan postest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dengan dengan ketentuan Lhitung < Ltabel dengan taraf signifikansi α = 0,05, maka diperoleh nilai pretest kelas eksperimen adalah Lhitung < Ltabel (0,185 < 0,193) dan nilai postest kelas eksperimen diperoleh Lhitung < Ltabel (0,133 < 0,193). Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai Lhitung < Ltabel (0,167 < 0,198) dan nilai postest diperoleh Lhitung < Ltabel (0,132 < 0,198). Hasil uji homogenitas diketahui data pretest dan postest kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi homogen dengan ketentuan Fhitung < Ftabel dengan taraf signifikansi α = 0,05, maka diperoleh nilai Fhitung < Ftabel (1,088 < 2,155). Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t berdasarkan kriteria pengujiannya adalah Ho ditolak dan Ha diterima jika thitung > ttabel dengan taraf signifikansi α = 0,05, maka diperoleh nilai thitung > ttabel (4,215 > 2,023) sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima dan dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh pembelajaran dengan menggunakan media storyboard berbasis multimedia interaktif terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema 8 lingkunngan sahabat kita subtema 1 siswa kelas V SD Negeri 060866 Medan Timur T.A 2021/2022