Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran lingkungan keluarga terhadap hasil belajar PPKn SMP IT Al-Hijrah Deli Serdang.Lingkungan keluarga dalam pendidikan sangat memberikan pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar, pembentukan sikap, watak serta kepribadian anak.Semua anak pasti butuh perhatian dalam lingkungan keluarga sehingga anak bisa belajar dengan baik terhadap hasil belajar, hal ini dapat dilihat dari hasil belajar PPKn siswa Kelas VIII SMP IT Al-Hijrah Deli Serdang. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas VIII SMP IT Al-Hijrah Deli Serdang yang berjumlah sebanyak 91 siswa dalam 4 kelas (ruangan). Sampel dalam penelitian ini yaitu penelitian populasi dimana siswa menjadi sampel karena subjek kurang dari 100 yaitu siswa di Kelas VIII SMP IT Al-Hijrah Deli Serdangsebanyak 91 siswa yang terdiridari 4 kelas.Adapun Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan wawancara, angket, observasi dan dokumentasi .Penelitian ini terdiri dari dua variable, yaitu variabel bebas (x) yaitu peran lingkungan keluarga, dan variabel terikat (y) yaituhasil belajar PPKn. Selanjutnya untuk mengukur dan mengetahui hubungan antaravariabel x dan variabel y digunakan tekhnik analisis data yaitu metode statiktik sederhana dari data angket/kuisioner.Hasil penelitian menunjukkan bahwadiketahui bahwa pernyataan yang masuk kategori valid berjumlah 18 butir pernyataan (90%) sedangkan pernyataan yang masuk kategori tidak valid 2 butir pernyataan (10%). Lingkungan keluarga di SMP IT Al-Hijrah Deli Serdang sudah memberikan peran yang baik dalam dalam kehidupan berlingkungan keluarga akan tetapi nilai siswa masih rendah karena dipengaruhi oleh faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar.