Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pembelajaran PPKn berbasis masalah terhadap pembentukan karakter kepedulian sosial siswa. Adapun jenis penelitian yang digunakan penulis yaitu penelitian deskriptif kuantitatif. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dimana data yang dihasilkan berupa angka dan analisis data menggunakan korelasi product moment. Penelitian ini memiliki dua variabel yaitu x (pembelajaran PPKn berbasis masalah) dan y (karakter kepedulian sosial siswa). Penelitian kuantitatif menggunakan instrumen penelitian yang akan menghasilkan data numerikal atau angka. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik statistik bertujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Penelitian ini dilakukan di SMP Methodist 7 Medan yang berada di Jalan Madong Lubis No. 7, Sidodadi, Kecamatan Medan Timur, Kota Medan, Sumatera Utara. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Methodist 7 Medan, yang berjumlah 31 siswa terdiri dari 1 kelas dan sampel dalam penelitian ini adalah 100% dari jumlah siswa kelas VIII yaitu sebanyak 31 siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan angket (questioner), observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan korelasi product moment diperoleh hasil rhitung = 0,497 lebih besar dari rtabel = 0,355 dan hasil uji “t” diperoleh thitung = 3,343 dengan harga ttabel = 2,045 karena thitung lebih besar dari pada ttabel (3,343 > 2,045) pada taraf signifikan 5% pada derajat kebebasan (dk) = n-2 (31-2=29) maka diperoleh ttabel = 2,045, sehingga kesimpulan yang diperoleh yaitu H1 diterima. Hal ini telah membuktikan bahwa pembelajaran PPKn berbasis masalah berpengaruh terhadap pembentukan karakter kepedulian sosial siswa kelas VIII SMP Methodist 7 Medan T.A 2021/2022