Daftar Isi:
  • Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh keteladanan guru terhadap karakter siswa di kelas VIII. Adapun jenis penelitian yang digunakan peneliti yaitu penelitian kuantitatif yang memiliki dua variabel yaitu x (keteladanan guru) dan y (karakter kebangsaan siswa) menggunakan instrument penelitian yang menghasilkan data numerikal (angka). Analisis data yang dilakukan menggunakan teknik statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Penelitian ini dilakukan di SMPN 28 Medan. Adapaun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Korelasional Kuantitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara penyebaran angket, observasi dan dokumentasi. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 28 Medan yang berjumlah 255 siswa dan sampel yang digunakan adalah 10% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 25 siswa, yang ditetapkan ajak sederhana (random sampling). Adapun pengolahan data dengan metode kuantitatif statistik dengan menggunakan perhitungan rumus product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara keteladanan guru ppkn terhadap karakter semangat kebangsaan siswa SMP Negeri 28 medan kelas VIII tahun pelajaran 2021/2022 sebesar 42% sedangkan 58% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Hal ini dibuktikan dengan besarnya rhitung lebih besar dari rtabel atau 0,65>0,38 sehingga keofisien korelasi variabel X dan variabel Y adalah signifikan. Yang mana rtabel pada n = 25 pada taraf kesalahan 5% adalah 0,38. Dan dari hasil penelitian dengan menggunakan uji t diperoleh thitung = 5,75 dengan nilai ttabel= 5,75 karena thitung lebih besar daripada ttabel (5,57>2,06) pada taraf signifikan 5% pada derajat kebebasan (dk) = n-1 =(25-1=24). Sehingga thitung > ttabel (5,57>2,06). Maka hal ini menunjukkan hipotesis alternatif (Ha) dapat diterima yang menyatakan ada pengaruh keteladanan guru ppkn terhadap karakter semangat kebangsaan siswa kelas VII di SMP Negeri 28 Medan.