Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok teknik assertive training terhadap self efficacy siswa di MAN 1 Medan T.A 2021/2022. Jenis penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu one group pre-test dan post-test design. Instrumen dalam pelaksanaan penelitian ini menggunakan kusioner (angket) dengan 4 katagori yaitu Sangat Sesuai (SS), Sesuai (S), TS (Tidak Sesuai), dan Sangat Tidak Sesuai (STS). Subjek dalam penelitian ini adalah 8 orang siswa kelas XI MIA 4 dengan memiliki tingkat kategori self efficacy rendah sebanyak 6 orang, kategori sedang 1 orang dan tinggi sebanyak 1 orang. Hasil uji validitas menggunakan perhitungan product moment dengan sig = 0,05, dan jumlah responden 30 siswa, diperoleh dari 50 item pernyataan terdapat 40 item pernyataan valid dan dapat digunakan untuk pengambilan data penelitian dengan ketentuan rhitung > rtabel. Hasil reabilitas diperoleh dengan menunjukkan nilai Croncbach’s Alpha sebesar 0,90 dengan signifikasi sebesar 5% instrumen tersebut telah dinyatakan sangat reliabel dan dapat digunakan dalam pengambilan data penelitian. Perolehan analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon dengan diperoleh nilai Jhitung > Jtabel dimana 36 > 4 maka hipotesis dalam penelitian ini diterima. Kemudian dapat dilihat dari hasil perhitungan rata-rata pre-test diperoleh skor 115,6 dan skor rata-rata post-test sebesar 137,7 yang mana terjadi peningkatan self efficacy siswa sebesar 16%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ada Pengaruh layanan Konseling Kelompok Teknik Assertive Training Terhadap Self Efficacy Siswa Kelas XI MIA 4 MAN 1 Medan T.A 2021/2022.