PENGARUH PROFITABILITAS DAN FIRM SIZE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2020-2021
Daftar Isi:
- Persaingan membuat setiap perusahaan semakin meningkatkan kinerja agar tujuannya dapat tetap tercapai. Nilai perusahaan terutama perusahaan go public akan terlihat pada tinggi rendahnya harga saham. Harga saham yang tinggi akan mengakibatkan nilai perusahaan akan meningkat. Kenaikan harga saham dipicu oleh semakin tingginya penilaian investor atas saham tersebut. Dengan demikian, apabila terjadi kenaikan harga pasar saham maka nilai perusahaan pun akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh CSR dan Firm Size terhadap nilai perusahaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur di bursa efek Indonesia sebanyak 181 perusahaan. Sampel yang diteliti merupakan perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2020-2021 menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 64 sampel selama 2 tahun. Metode pengambilan data dalam penelitian ini adalah dengan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan, hal ini didasarkan nilai signifikasi 0,042 < 0,05 (2) Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan, hal ini didasarkan nilai signifikasi 0,077 > 0,05 (3) CSR memoderasi pengaruh profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan, hal ini didasarkan nilai signifikasi 0,000 < 0,05 (4) CSR memoderasi pengaruh ukuran perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesai tahun 2020-2021, hal ini didasarkan nilai signifikasi 0,000 < 0,05.