PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA POKOK BAHASAN LAJU REAKSI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh LKS berbasis pendekatan saintifik mata pelajaran laju reaksi yang memenuhi kriteria kelayakan isi, kelayakan bahasa, kelayakan penyajian, dan kelayakan grafis menurut BSNP, untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap LKS dan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan LKS di SMA yang lebih tinggi dari KKM. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) yang telah dimodifikasi sesuai kebutuhan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Swasta Prayatna Medan Tahun Pelajaran 2020/2021. Penentuan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan mengambil 1 kelas sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan: 1) LKS berbasis pendekatan saintifik materi laju reaksi yang dikembangkan telah memenuhi kriteria BSNP, dengan pengolahan data diperoleh: kelayakan isi = 3,70, kelayakan bahasa = 3,56, kelayakan penyajian = 3,67, dan kelayakan grafik = 3,75 dengan kriteria valid dan tidak perlu revisi; 2) Hasil angket respon siswa terhadap LKS berbasis pendekatan saintifik pada materi laju reaksi diperoleh rata-rata sebesar 90,41%. 3) Hasil belajar siswa dengan menggunakan LKS berbasis pendekatan saintifik pada mata pelajaran laju reaksi mengalami peningkatan sebesar 0,74 (73%) dengan kategori tinggi dan lebih tinggi daripada KKM.