PENGARUH MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI DAN PERUBAHAN KONSEP (M3PK) SIMSON TARIGAN MENGGUNAKAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA MATERI IKATAN KIMIA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan Model Mengajar Menginduksi Dan Perubahan Konsep (M3PK) Simson Tarigan dengan video animasi di Sekolah SMA N 2 Percut Sei Tuan pada pokok bahasan materi Ikatan Kimia. Sampel penelian ini diambil dari dua kelas yang ditentukan dengan cara random sampling, yaitu kelas X IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda yang berjumlah 20 soal dengan 5 pilihan jawaban, yang telah divalidkan oleh Validator dan kemudian diuji cobakan kepada siswa untuk mengetahui validitas, realibilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soal. Dari hasil penelitian diperoleh data nilai rata – rata pretest siswa kelas eksperimen adalah sebesar 30,33 dan nilai rata – rata pretest kelas kontrol adalah sebesar 29.83. Dan nilai rata – rata hasil belajar siswa kels eksperimen adalah sebesar 83.16, sedangkan rata – rata nilai hasil belajar siswa kelas kontrol adalah 78. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t Indefendent Sampl t-Test dengan menggunakan software SPSS versi 20.0 for windows, dengan taraf signifikan = 0.05. Dari pengujian hipotesis diperoleh signifikansi = 0,014 < 0,05, sehingga hal ini menyimpulkan bahwa diterima dan ditolak. Dari pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa rata – rata hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan M3PK dan video animasi lebih tinggi daripada rata – rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model konvensional direct instruction dengan video animasi.