Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan Self-Efficacy dengan sikap prokrastinasi akademik pada siswa kelas VII di SMP Negeri 19 Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif korelasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket atau skala likert. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan stratified random sampling dengan mengambil 25 % dari seluruh populasi kelas VII SMP Negeri 19 Medan. Besar sampel yang digunakan adalah 56 siswa. Validitas serta realibitas instrumen diperoleh dengan product moment correlation. Uji hipotesis menggunkan rumus product moment dari pearson dengan bantuan SPSS25 for windows. Hasil analisis diperoleh r = 0.676 dan R square = 0,457 serta nilai signifikan 0,000 (p < 0,05). Berdasarkan hasil hipotesis peneltian: “terdapat hubungan Self-Efficacy dengan sikap prokrastinasi akademik”. Mengingat hubungan ini negatif sebesar -.676 maka dikemukakan bahwa Self-Efficacy berhubungan dengan sikap prokrastinasi akademik pada siswa Kelas VII di SMP Negeri 19 Medan diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diharapkan guru BK yang ada di sekolah dapat membuat program dan memberikan layanan yang sesuai dengan Sikap prokrastinasi akademik