Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru PPKn Terhadap Sikap Moral Siswa Kelas XI SMKN 1 Sibolga Tahun Pelajaran 2021/2022
Daftar Isi:
- Penelitian bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru PPKn Terhadap Sikap Moral Siswa Kelas XI SMKN 1 Sibolga Tahun Pelajaran 2021/2022. Adapun jenis penelitian yang digunakan penulis yaitu penelitian korelasional. Dengan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian kuantitatif memiliki dua variabel yaitu x (kepribadian guru) dan y (sikap moral siswa). Penelitian kuantitatif menggunakan instrumen yang menghasilkan data numerikal (angka). Analisis data dilakukan menggunakan teknik statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Penelitian ini dilakukan di SMKN 1 Sibolga yang berada di jalan Dr. Ferdinand L. Tobing No.33 Kecamatan Sibolga Kota, Kota Sibolga. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 281 siswa terdiri dari 8 kelas dan sampel dalam penelitian ini adalah 15% dari jumlah siswa kelas XI (281) yaitu sebanyak 42 siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan angket, observasi dan dokumentasi. Pengolahan data dengan metode kuantitatif statistik dengan menggunakan perhitungan rumus product moment. Hasil penelitian menunjukkan adanya sebesar 15,21% pengaruh kompetensi kepribadian guru PPKn terhadap sikap moral siswa kelas XI di SMKN 1 Sibolga tahun pelajaran 2021/2022. Hal ini dibuktikan dengan rhitung lebih besar dari rtabel atau 0,39>0,304 sehingga koefisien korelasi variabel X dan variabel Y adalah signifikan, dimana rtabel pada n= 42 pada taraf kesalahan 5% adalah 0,304. Hasil penelitian dengan menggunakan uji t diperoleh thitung sebesar 2,441 dan ttabel sebesar 2,021 pada taraf signifikan 5% pada derajat kebebasan (dk) = n-2 (42 –2= 40), sehingga thitung> ttabel(2,441>2,021). Hal ini menunjukkan hipotesis alternatif (Ha) dapat diterima yang menyatakan ada pengaruh kompetensi kepribadian guru PPKn terhadap sikap moral siswa kelas XI di SMKN 1 Sibolga.