Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok rational emotive behavior therapy terhadap kecemasan berbicara di depan kelas siswa SMA Negeri 2 Doloksanggul T.A 2021/2022. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Adakah pengaruh konseling kelompok rational emotive behavior therapy terhadap kecemasan berbicara di depan kelas siswa SMA Negeri 2 Doloksanggul T.A 2021/2022?”. Metode penelitian yang peneliti gunakan dalam adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian eksperimen merupakan metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah time series. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 8 orang siswa SMA Negeri 2 Doloksanggul. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis wilcoxon dengam α= 0,05. Berdasarkan uji jenjang bertanda wilcoxon diperoleh nilai terkecil yaitu 17. Jadi thitung= 17, α=0,05, dan n = 8, maka diketahui nilai ttabel= 4. Setelah mengetahui data tersebut, maka t hitung> t tabel= 17>4. Maka dapat disimpulkan bahwa, “Ada pengaruh konseling kelompok rational emotive behavior therapy terhadap kecemasan berbicara di depan kelas siswa SMA Negeri 2 Doloksanggul T.A 2021/2022”. Jadi hipotesis diterima