Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi android terhadap hasil dan motivasi belajar kimia pada materi Laju Reaksi di SMA Negeri 8 Medan. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-postest control group design dengan sistem pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Subjek penelitian adalah dua kelas yang terdiri dari kelas kontrol yaitu XI MIA 4 dan kelas eksperimen yaitu XI MIA 1. Perlakuan pada dua kelas sampel dibedakan dengan penggunaan media pembelajaran berbasis android pada kelas eksperimen sedangkan pada kelas kontrol tidak. Instrumen yang digunakan adalah intrumen tes pilihan berganda dan non tes berupa angket motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Media pembelajaran berbasis android yang dikembangkan pada materi laju reaksi telah memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan BSNP dengan rata-rata kelayakan isi sebesar 3,75, kelayakan bahasa 3,81, kelayakan penyajian 3,63 dan kelayakan kegrafikan 3,76. (2) uji t terhadap hasil belajar diperoleh t hitung =8,71 lebih besar dari t tabel =1,68 sehingga terdapat perbedaan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan media android dengan siswa yang dibelajarkan tanpa media berbasis android. (3) uji t terhadap motivasi belajar dengan diperoleh t hitung =11,54 lebih besar dari t tabel =1,68 sehingga terdapat perbedaan motivasi belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan media android dengan siswa yang dibelajarkan tanpa media berbasis android.