Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana mengembangkan LKS dengan menggunakan pendekatan kontekstual berbasis multiple representasi agar memenuhi standar BSNP, (2) kelayakan LKS yang dikembangkan dengan menggunakan pendekatan kontekstual berbasis multiple representasi berdasarkan standar BSNP dan (3) apakah hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan LKS degan menggunakan pendekatan kontekstual berbasis multiple representasi pada materi laju reaksi lebih tinggi dari nilai KKM. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA MAS Al- Hasyimiyah Tebing Tinggi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil dengan teknik Purposive Sampling sebanyak satu kelas. Instrumen yang digunakan adalah Instrumen non-tes berupa angket BSNP yang telah di modifikasi dan angket respon siswa terhadap LKS yang telah dikembangkan serta instrumen tes sebanyak 20 soal yang valid dengan reliabilitas 0,86. Teknik analisa data dilakukan dengan (1) uji kelayakan LKS sesuai BSNP, (2) uji One Sample T-Test, dan (3) angket respon siswa terhadap LKS. Hasil penelitian yang diperoleh, yaitu : (1) Pengembangan dilakukan dengan menggunakan metode R&D dengan model pengembangan ADDIE yang disesuaikan dengan standar kelayakan BSNP, (2) LKS yang telah dikembangkan sesuai standar BSNP divalidasi oleh Dosen dan Guru Kimia diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,45 dengan kriteria valid dan layak untuk digunakan dan berdasarkan perhitungan angket respon siswa terhadap LKS diperoleh nilai rata-rata sebesar 83,99 % dengan kritria sangat baik dan LKS sangat layak digunakan, (3) Hasil belajar siswa menggunakan LKS dengan menggunakan pendekatakan kontekstual berbasis multiple representasi lebih tinggi dari nilai KKM di sekolah dimana nilai thitung > ttabel, yaitu 2,262222 > 2,0141.