Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh disiplin belajar dan kreativitas guru terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 21 Medan Tahun Ajaran 202/2021 Penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 21 Medan yang berjumlah 128 siswa. Sampel diambil dengan Teknik random sampling yaitu sebanyak 97 siswa. Uji validitas instrument menggunakan rumus product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan cronbach alpha. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear berganda, uji hipotesis secara parsial dan simultan serta perhitungan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan. Pertama, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel Disiplin Belajar (X1) terhadap Hasil Belajar Ekonomi (Y) siswa kelas XI IPS SMA Negeri 21 Medan yaitu berdasarkan uji t (thitung > ttabel) 5,100 > 1,661 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, kedua terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Kreativitas Guru (X2) terhadap Hasil Belajar Ekonomi (Y) siswa kelas XI IPS SMA Negeri 21 Medan yaitu berdasarkan uji t (thitung > ttabel) 5,537 > 1,661 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Ketiga, secara simultan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Disiplin Belajar (X1) dan Kreativitas Guru (X2) terhadap Hasil Belajar Ekonomi (Y) siswa kelas XI IPS SMA Negeri 21 Medan yaitu berdasarkan uji F (Fhitung > Ftabel) 70,690 > 3,09. Berdasarkan analisis diperoleh Koefisien Determinasi (R2) sebsar 0,601 yang menjelaskan bahwa pengaruh disiplin belajar dan kreativitas guru terhadap hasil belajar ekonomi sebesar 60,1% dan sisanya 39,9 dipengaruhi oleh factor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian, kesimpulan dalam penelitian ini adalah pada uji t (Parsial) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variable Disiplin Belajar (X1) terhadap Hasil Belajar Ekonomi (Y) dan Kreativitas Guru (X2) terhadap Hasil Belajar Ekonomi (Y), Pada Uji F (Simultan) terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Disiplin Belajar (X1) dan kreativitas guru (X2) terhadap Hasil Belajar Ekonomi (Y). Adapun saran dari penulis sebagai berikut: diharapkan guru untuk meningkatkan disiplin belajar yaitu dengan cara memberi sanksi yang bersifat mendidik kepada siswa, kerjasama antara pihak sekolah dan dinas untuk membuat pelatihan pembelajaran ekonomi berbasis online guna meningkatkan kreativitas guru, guru dapat memanfaatkan media pembelajaran e-learning yang ada selain WhatsApp.