PENGARUH KOMPETENSI SOSIAL GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 21 MEDAN TAHUN AJARAN 2020/2021
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kompetensi sosial guru dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 21 Medan Tahun Ajaran 2020/2021 Penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 21 Medan yang berjumlah 128 siswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling yaitu sebanyak 97 siswa. Uji validitas instrument menggunakan rumus product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan teknik cronbach alpha. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear berganda, uji hipotesis secara parsial dan simultan serta perhitungan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan. Pertama, terdapat pengaruh yang positif dan signiikan antara variabel kompetensi sosial guru (X1) terhadap prestasi belajar ekonomi siswa (Y) kelas XI IPS SMA Negeri 21 Medan yaitu berdasarkan uji t (thitung > ttabel) 8,239> 1,661 dengan dinilai signifikansi 0,000 < 0,05, kedua terdapat pengaruh antara fasilitas belajar (X2) terhadap prestasi belajar ekonomi siswa (Y) kelas XI IPS SMA Negeri 21 Medan yaitu berdasarkan uji t (thitung > ttabel) 9,118 > 1,661 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Ketiga, secara simultan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kompetensi sosial guru dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 21 Medan. Berdasarkan analisis diperoleh Koefisien Determinasi (R2) sebesar 0,891 yang menjelaskan bahwa pengaruh kompetensi sosial guru dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi sebesar 89,1% dan sisanya sebesar 10,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.