ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TALKINGSTICK DAN KEAKTIFAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KORESPONDENSI KELAS X SMK NEGERI 6 MEDAN T.A. 2020/2021
Daftar Isi:
- Tinggi rendahnya hasil belajar siswa Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 6 Medan 2020/2021 tentu dipengaruhi oleh banyak faktor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran talkingstickdan keaktifan siswa terhadap hasil belajar siswa. Dengan populasi 68siswa dan sampel berjumlah 68siswa yang diambil secara keseluruhan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan angketmodel pembelajaran talkingstickdan keaktifan siswamasing-masing item soal sebanyak 21 item dengan menggunakan skala likert. Hasil analisis data menggunakan regresi linear berganda dan uji hipotesis diperoleh bahwa penggunaan model pembelajaran talkingstickdan keaktifan siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaanY = 80,716 + 0,219X1 + 0,221X2.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif penggunaan model pembelajaran talkingstickterhadaphasil belajar siswayang ditunjukkan dari nilai thitung> ttabel (2,277>1,668) dan nilai signifikasi (0,026<0,05).. Terdapat pengaruh yang positif antara keaktifan siswa terhadap hasil belajar siswayang ditunjukan dengan hasil nilai thitung< ttabel ( 2,469< 1,668) dan nilai signifikasi (0,016<0,05).. Secara simultan terdapat pengaruh signifikan dengan Fhitung > Ftabel (7,817 > 2,74) dan nilai signifikasi (0,001<0,05). Dengan besarnya pengaruh kedua variabel bebas tersebut adalah 19%, sedangkan 81% dijelaskan oleh variabel lain yang relevan dan tidak dikaji dalam penelitian ini.