PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KORESPONDENSI KELAS X-AP SMK SWASTA ERIA MEDAN T.A 2021/2022
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pertama, pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran korespondensi kelas X-OTKP. Kedua, pengaruh Fasilitas belajar terhadap prestasi belajar korespondensi kelas X-OTKP. Dan ketiga, terhadap Prestasi Belajar Korespondensi kelas X-OTKP Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa SMK Eria Medan Jurusan Administrasi Perkantoran T.A 2021/2022 yang berjumlah 63 orang yang terbagi dalam 3 kelas Adapun teknik analisis data penelitian ini adalah Reabilitas, Uji Linearitas, Regresi Linear Berganda, Heteroskedatisitas, Uji Hipotesis Secara Parsial (uji t), Uji Simultan (Uji F), dan Koefisien Determinasi (R2).hasil penelitian pada persamaan regresi berganda diperoleh persamaan : Y = 89,625 + 0,215X1 hasil pengujian hipotesis di peroleh bahwa hasil uji-t diperoleh nilai thitung = 2,856 < ttabel = 1,995 dan probabilitas 0,003 serta nilai signifikan 5%.ada pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan belajar hasil regresi berganda diperoleh persamaan : Y = 89,625 + 0,209X2 hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung = 2,552 < ttabel = 1,995 dan probabilitas 0,000 sera nilai signifikan 5%.terdapat pengaruh positif dan signifikan antara fasilitas belajar terhadap prestasi belajar hasil uji hipotesis yang dilakukan secara simultan diperoleh nilai fhitung sebesar 11,627 pada taraf α = 0,05. Adapun ftabel sebesar k ; n – k (63 – 2 = 61) = 3,15 yang artinya F hitung lebih besar dari F tabel (11,627 > 3,15) serta nilai sig = 0,000 lebih kecil dari nilai signifikan = 0,05 (0,000 < 0,05) yang berarti bahwa variabel lingkungan belajar dan fasilitas belajar secara bersama-sama atau simultan berpengaruh terhadap prestasi belajar.