Teknik Vokal Keroncong melalui Ekstrakurikuler untuk Melestarikan Lagu Keroncong di SMK Negeri Seni dan Budaya Raya
Daftar Isi:
- Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui teknik vokal keroncong melalui ekstrakurikuler Vokal di SMK N Seni dan Budaya Raya. 2) Untuk mengetahui pelestarian lagu keroncong melalui ekstrakurikuler vokal di SMK N Seni dan Budaya Raya. 3) Untuk mengetahui hambatan peserta didik melakukan Teknik Vokal Keroncong melalui ekstrakurikuler vokal di SMK N Seni dan Budaya Raya. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori teknik vokal, teori gaya vokal keroncong, teori musik keroncong, teori ekstrakurikuler,teori minat, teori hambatan dan teori pelestarian. Metode yang digunakan adalah metode penelitian Deskriptif Kualitatif. Populasi penelitian yaitu siswa kelas XI berjumblah 36 siswa dan 9 guru pengajar ekstrakurikuler. Sampel penelitian ini yaitu siswa yang mengikuti ekstrakurikuler vokal sebanyak 7 siswa dan 1 guru ekstrakurikuler vokal. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk menjaring data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Teknik vokal keroncong memiliki gaya vokal yang terdiri dari Ngandul, Embat, Gregel dan Cengkok. 2) Pelestarian yang dilakukan pada kegiatan ekstrakurikuler akan ditampilkan pada acara yang diselenggarakn dari sekolah maupun luar sekolah dan disaksikan oleh masyarakat maupun para tamu undangan. 3) Hambatan yang temukan pada kegiatan esktrakurikuler terletak pada diri siswa yaitu kemampuan yang kurang mahir membaca notasi, kurangnya kemampuan benryanyi dan waktu ekstrakurikuler yang tidak dapat dilaksanakan secara bersamaan karena masa pandemi Covid-19.