Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keaktifan mahasiswa dalam organisasi dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran Stambuk 2018 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Penelitian ini dilaksanakan di Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan Stambuk 2018 yang beralamat di Jalan William Iskandar Pasar V, Kenanga Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kab. Deli serdang, Sumatera Utara 20221. Penelitan ini dilakukan pada Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021. Instrument yang digunakan adalah angket sehingga diperoleh data yang dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Validitas, Uji Normalitas, Uji Linieritas, Uji Multikolinearitas, Uji t dan F. Pengelolahan data mengguakan SPSS Versi 25 diperoleh hasil perhitungan nilai menunjukkan thitung> ttabel (3,061>1,688) dan nilai signifikansi (0,004 < 0,05) menjelaskan bahwa terdapat pengaruh keaktifan berorganisasi dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar mahasiswa . Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah, thitung> ttabel (2,166>1,688) dan nilai signifikansi (0,037 < 0,05) menjelaskan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar, dan diperoleh nilai Fhitung> Ftabel (8,378 > 3,24) dan nilai signifikansi (0,001 < 0,05) menjelaskan bahwa Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara bersamaan antara keaktifan berorganisasi dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar.