PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA WEBBLOG BERBASIS ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA
Daftar Isi:
- Pembelajaran berbasis masalah merupakan inovasi dalam pembelajaran karena dalam problem based learning kemampuan berfikir siswa betul-betul dioptimalisasikan melalui proses kerja kelompok atau tim yang sistematis, sehingga siswa dapat memberdayakan, mengasah, menguji dan mengembangkan kemampuan berfikirnya secara berkesinambungan. Salah satu yang sangat populer saat ini yaitu pemanfaatan internet dalam dunia pendidikan terkhusus pada pembuatan media pembelajaran berbasis internet. Penelitian ini bertujuan untuk menggunakan media pembelajaran kimia berbasis webblog untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik terhadap konsep materi kimia yang sulit dipahami khususnya materi ikatan kovalen. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas X IPA di SMA Negeri 2 Kotapinang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Adapun sampel yang digunakan meliputi 30 siswa kelas X IPA 2 (eksperimen) yang diajarkan dengan problem based learning menggunakan media webblog; dan 30 siswa kelas X IPA 3 (kontrol) yang diajarkan dengan problem based learning tanpa media webblog. Rerata persentasi peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen yaitu 63% lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 52%. Uji hipotesis dengan uji t pihak kanan pada taraf α = 0,05 diperoleh t_hitung>t_tabel (9,44 > 1,67). Rata-rata nilai respon pembelajaran problem based learning terhadap media webblog adalah 80,8% menjawab ya dan 19,2% menjawab tidak yang artinya bahwa pengaruh model pembelajaran problem based learning dengan media webblog menarik untuk digunakan. Pengaruh model pembelajaran problem based learning dengan media webblog sangat berpengaruh positif terhadap aspek kognitif siswa yang dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa yang tinggi.