Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada muatan pembelajaran tematik di kelas V. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa tema 6 Panas dan Perpindahannya di kelas V SDN 104202 Bandar Setia T.A 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 104202 Bandar Setia T.A 2021/2022. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas VA dan VB sebanyak 71 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk soal pilihan berganda sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu telah di uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan uji daya beda tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji t menggunakan uji paired sample test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata post-test kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning sebesar 81,38 sedangkan nilai rata-rata post-test kelas kontrol sebesar 67,42. Hasil perhitungan hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 13,0255 > 1,6675. Hal ini berarti hipotesis Ha dalam penelitian ini dapat diterima dan dinyatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa tema 6 Panas dan Perpindahannya di kelas V SDN 104202 Bandar Setia T.A 2021/2022